Rabu, 30 Mei 2012

Kari-gurashi No Arietti



Kari-gurashi No Arietti atau The Borrower Arrietty, atau anime ini punya judul bahasa Inggris The Secret of Arrietty, adalah anime jepang yang menceritakan tentang sekeluarga manusia mini atau liliput, yang menamakan diri sebagai suku The Borrower atau peminjam. Untuk bertahan hidup mereka meminjam barang atau makanan dari manusia. 

Arrietty diwanti-wanti oleh ayah ibunya ketika seorang anak laki-laki bernama sho, cucu si pemilik rumah. Sho sendiri pernah mendengar kisah dari ibunya tentang makhluk kecil yang mendiami rumah keluarganya sejak dulu, bahkan almarhun sang kakek membuat sebuah rumah (like a Barbie house) yang sangat megah untuk para liliput itu. Namun tidak ada yang mempercayainya, karena tidak pernah melihat makhluk itu.








Para liliput sendiri punya peraturan, yaitu tidak boleh terlihat oleh manusia. Jika mereka sampai terlihat oleh manusia, maka mereka harus segera pindah. Seperti yang dilakukan Arrietty dihari pertamanya menjadi 'peminjam', ia menjatuhkan gula, dan terlihat oleh Sho. 






Sho sendiri tidak pernah berniat jahat, dia malah takjub, ternyata cerita yang didengarnya selama ini bener-benar ada dan nyata. Sho yang tinggal bersama sang nenek menjelang operasi kankernya itu berharap bisa berteman dengan Arrietty, namun gadis liliput itu menolak, mengingat pesan orang tuanya bahwa manusia tidak boleh mengetahui keberadaan mereka. 





Arrietty pamit pada Sho, dia dan keluarganya akan pindah, namun saat itulah Haru-San si pengurus rumah menangkap ibu Arrietty dan memasukannya kedalam botol. Tidak hanya sampai disitu, Haru-san bahkan menelphon pembasmi serangga untuk membumi hanguskan para liliput,,,whaahahaaha..*ketawa jahat Haru-San*. Saat itulah Arrietty datang dan meminta bantuan Sho untuk menyelamatkan ibunya. 






Haru-san kaget saat mendapati liliput tangkapannya hilang, ia yakin kalau Sho ada dibalik ini semua. Haru-san mengganggap para manusia kecil itu adalah pencuri, karena mereka mengambil barang-barang dirumah itu tannpa ijin. Setelah menyelematkan ibunya, malam itu juga Arrietty bersama ayah dan ibunya pergi meninggalkan rumah keluarga Sho, ditemani seorang Bolang (bocah petualang) bernama Spiller, dia yang menolong ayah Arrietty ketika terjatuh saat mencari lokasi tempat tinggal yang baru.






 
Aku sih suka sama kartun ini, sekalipun masih sangat klasik, bukan berbentuk 3D. Tapi penggambarannya sangat indah, real, dan detailnya seperti lukisan yang ciamikk.. hehehe. Ceritanya sih standard aja ya, tapi gak bosen deh liat gambarnya yang bagus...

1 komentar:

  1. Awalnya, aku suka film-filmnya Studio Ghibli dari Tonari no Totoro (My Neighbour Totoro). Rasanya langsung terhisap masuk ke dalam dunia Totoro haha, terkesan byanget, juga waktu nonton Castle in the Sky. Dan sejak itu hampir semua film animasi produksi Studio Ghibli sudah habis ditonton, Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies) yang paling bikin nangis kejer T_T, yang lain juga indah sekali.

    BalasHapus