Kamis, 19 Mei 2011

(Film) Koizora --SKY OF LOVE--




Mika Tahara (Aragaki Yui) 


Sakurai "Hiro" Hiroki (Miura Haruma)

Film dari negeri sakura ini mengisahkan tentang perjalanan cinta seorang gadis SMA bernama Mika Tahara. Sebelumnya Mika tidak pernah berhubungan dan merasakan jatuh cinta pada seorang cowok, sampai pada suatu hari handphone Mika hilang. Ia kebinggungan dan terus mencari-cari handphonenya. Akhirnya Mika menenukan handphonenya di perpustakaan sekolah, dan seorang cowok misterius tiba-tiba menelphonenya.

Miura sebagai Hiro si rambut pirang yang menyeramkan...but looks Cute, right?

Perkenalan Mika dengan cowok misterius itu pun berlanjut dengan saling telpon menelepon, hal ini membuat Mika semakin jatuh cinta dengan sosok misterius itu. Akhirnya mereka membuat janji untuk bertemu di atap sekolah. Mika sangat kaget setelah mengetahui bahwa cowok misterius itu adalah orang yang tidak sengaja ditabraknya saat mengantar sahabatnya Aya menemui teman prianya.

 Mika ketakutan, karena merasa cowok nyentrik dengan rambut pirang itu adalah preman sekolah yang menyeramkan. Lalu cowok yang ternyata bernama Sakurai Hiro itu pun menunjukan foto langit biru di handphonenya yang mereka ambil bersama saat bertelephonan sampai pagi. "apa setelah melihat ini kau masih tidak mempercayainya?!" tanya Hiro



Awalnya Mika segan dan tidak mau dekat dengan Hiro, namun karena sikap Hiro yang menyenangkan dan kedekatan mereka di telephone sebelumnya akhirnya mereka pun menjadi sangat akrab. Mika mendapatkan ciuman pertama dan cinta pertamanya dari Hiro. Namun sebuah tragedi muncul saat Mika diperkosa oleh suruhan mantan kekasih Hiroki meskipun pada akhirnya Mika tidak hamil, tetapi Mika sempat dikucilkan dikelas.

 Mereka memakai cincin tunangan setelah mengetahu kehamilan Mika.

Di saat itulah Hiro selalu mendampingi dan membela Mika mati-matian sehingga cinta mereka semakin dalam dan jauh yang akhirnya mengakibatkan Mika hamil. Hiro sebetulnya sangat senang dan bergegas melamar Mika. Namun, keluarga Mika belum merestui mereka karena mereka masih di sekolah menengah. Saat malam Natal, Mika mengalami keguguran. Mika dan Hiro lalu membuat marshmallow kecil yang melambangkan anak mereka, mereka pun berjanji bahwa setiap tahun mereka akan datang ketempat itu untuk menjenguk anak mereka.



Namun, hari-hari berikutnya Hiro berubah, Mika bahkan memergoki Hiro tengah berciuman mesra dengan seorang gadis, Hiro pun memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Mika dan menghilang dari sekolah serta kehidupan Mika.Lama bagi Mika untuk bisa kembali ceria dan bangkit dari patah hati cinta pertamanya sampai pada akhirnya Mika menemukan seorang pria lain (Koide Keeisuk) yang lambat laun dicintainya hingga masuk perguruan tinggi. Pria ini begitu berbeda dari Hiro yang meletup-letup dan Hiro layaknya danau bagi Mika. Tapi kekasih barunya ini berbeda, dia sosok pria dewasa yang tenang, penyabar, dan penuh kasih sayang. Dia bahkan menerima jika setiap malam Natal, Mika yang  tak pernah lupa untuk mengunjungi tempat mereka (Mika dan Hiro) menyimpan marshmallow kecil yang mereka buat dan memberikan hadiah pada anaknya.


Meskipun Mika dan Hiroki tidak pernah datang bersama, namun beberapa kali kesempatan mereka sempat bertemu. Mika mengejar Hiro dan berharap mendapatkan penjelasan, namun saat ia samapai pada sebuah persimpangan jalan, Mika pun kembali berfikir tentang pacarnya yang selama ini sudah begitu menyayanginya, tidak seperti Hiro yang selalu mebuatnya menangis. "akhirnya aku memutuskan untuk memilih part yang lain!" kata Mika sedih.

Hingga suatu saat yang datang ternyata bukanlah Hiro, melainkan Nozoki sahabat Hiro yang pernah di taksir oleh Ayya sabat Mika. Darinya lah Mika pun mengetahui segalanya bahwa Hiroki mengidap penyakit Kanker dan sedang sekarat.
"Hiro memintaku datang ketempat ini untuk menggantikannya tahun depan, dan tahun-tahun yang akan datang aku akan melakukan ini untuk Hiro!"

"apa maksud mu?apa yang kau maksud" tanya Mika bingung

Nozomu pun memjelaskan kalau mungkin hidup Hiro tidak akan lama lagi, Hiro mengidap kanker (atau AIDS ya??). Selama ini Hiro melarangnya untuk menceritakannya pada Mika "..tapi dia selalu menunggu mu disaat dia harus berjuang sendirian!"


Akhirnya Mika memutuskan untuk kembali ke cinta pertamanya, dan disinilah cinta Koide Keeisuk di perlihatkan. Ia merelakan Mika untuk kembali pada cinta masa lalunya. Dia berkata "menghalangi gadis yang aku cintai untuk bahagia,, aku sungguh menjadi orang yang mengerikan. Pergilah, tapi jika kau tidak bahagia aku akan merebut mu kembali dari brandalan itu."

Mika pun berlari kerumah sakit, dan Hiro kaget sekali saat melihat Mika yang menangis sedih dan marah-marah. Mika semakin histeris saat melihat Hiro masih menggunakan cincin 'pertunangan' mereka dulu. Hiro berkata bahwa ia hanya bisa membuat Mika menangis saja, maka sebaiknya Mika kembali saja pada pacarnya yang dewasa itu ".. karena bersamanya kau bisa kembali tertawa bahagia maka dengan begitu aku bisa pergi dengan tenang.". Namun Mika berkata bahwa ia hanya ingin Hiro lah yang memberinya kebahagiaan.

Mereka akhirnya kembali bersama, Mika setia selalu mendampinginya saat di rumah sakit, sampai akhirnya Hiro menghembuskan nafas terakhirnya. Sebelum menginggal Hiro memberikan sebuah buku catatatannya kepada Mika, disana ada gambar mereka bertiga, yaitu Hiro, Mika dan anak mereka. Buku itu berisi hanya tentang Mika, terungkaplah kebesaran cinta Hiro untuk Mika. Dan hal itu lah yang menghalangi Mika untuk tidak bunuh diri dan melanjutkan hidupnya dengan bahagia.



Note

Aku suka film ini, cerita remaja jepang yang sanagt khas. Tapi yang paling aku suka adalah dialog-dialog yang Mika katakan untuk mengantarkan ceritanya, terdengar sangat dewasa dan manis, aku juga suka caranya  memandang hidup serta bagaimana seorang preman sekolah seperti Hiro begitu mencintai seorang wanita dengan caranya sendiri. ketika Mika di perkosa, dia tidak berlari dari gadis itu tapi malah menyalahkan dirinya sendiri karena tidak bisa menjaganya dengan baik, Lalu ketika Mika berkata kalu dia hamil Hiro pun lagi-lagi tidak berlari dari sisi Mika, ia tersenyum bahagia menyambut kehamilan Mika. Huffh...Hiro berusa menjadi Langit yang selalu mengikuti langkah Mika, dia bukan menjadi danau yang dingin dan tersembunyi. satu lagi yang aku sukai adalah sosok Koide Keeisuk yang berperan sebagai laki-laki dewasa yang memandang cinta dengan cara yang tidak egois. Ia bahkan merasa menjadi orang yang mengerikan jika menghalangi kebahagiaan Mika, ia benar-benar menjelma menjadi laut yang luas dan berhati lapang. Film tahun 2007 ini RECOMMENDED abis...

3 komentar:

  1. aku pernah denger ini film dari kisah nyata lho..
    bener ga sih..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabarnya sih begitu.. Kisah seorang perempuan jepang bernama Mika, gosipnya dia membuat cerita ini secara online, sampai akhirnya pnya bnyak penggemar dan kisahnya dibuat film deh.. ^_^

      Hapus
  2. Aku udh pernah nontong film ini,,,,, sumpah film ini cool banget!!!! Aku selalu menonton film ini semingu 2/3 kali..... Nga bosen2 rasanya

    BalasHapus