Rabu, 02 November 2011

Je M'appelle Resti

" Apalah arti sebuah nama.."

Pasti kalian pernah denger dong quotation dari sang legenda sastra yang paling termasyur sepanjang masa, William Shakespear, di salah satu karyanya (Kalau gak salah ingat, kata-kata ini ada di karyanya yang merupakan kisah cinta terdahsyat sepanjang sejarah sastra dunia, yaitu Romeo and Juliet . Saat Juliet mempertanyakan kenapa Romeo harus berasal dari keluarga Montague, dan Romeo pun berkata sekali pun berasal dari keluarga Capulet, mawar tetap saja mawar...Wedewww...Dan akhirnya mereka pun berkata 'Apalah arti sebuah nama?' ). 

Kata-kata ini pun sepertinya memiliki keajaiban yang sama dengan penulis dan kisah cintanya, aku rasa semua orang didunia ini hafal sekali dengan kata-kata ini.

Aku jadi berfikir...
Mungkin karena itu pula orang-orang di barat sana, sangat tidak kreatif dalam menamai anak mereka. Hehehe, kenapa begitu?? Lihat saja di Inggris, salah satu negara yang berdaulat pada kerajaan ini yang juga merupakan negara asal Shakespear (Menurut pendapat saya..) termasuk negara yang tidak kreatif dalam menamai anak mereka. Kenapa begitu? Kalau kalian perhatikan, atau bagi kalian yang mengkuti sejarah negeri Big Bang itu tentu tidak asing dengan nama-nama seperti George, Hanry, William, Edward, Mary ataupun Elizabeth.

Dalam sejarah kerajaan Inggris, nama-nama tersebut ada banyak sekali. Dari raja George I sampai raja George VIII, begitupun dengan nama-nama lainnya, Semuanya hanya dibedakan dengan angka. Hehehe...Aneh ya?? Kalau di Amerika negerinya Ungle Sam ini, biasanya di bedakan dengan  Jr a.k.a Junior. Contohnya begini, seperti di film Heroes. Saat Matt Parkman punya anak, anaknya itu di beri nama yang sama dengan sang ayah jadi anaknya Matt Parkman dinamai Matt Parkman juga, hanya ditambah Jr dibelakangnya, manjadi Matt Parkman Jr. Hehehe..Sungguh aneh. Mungkin ini imbas dari fenomena quotation milik Shakespear itu kali ya...hehehe


 King Henry V

King George VI

Namun masyarakat timur memiliki pandangan berbeda, masyarakat timur selalu mengganggap 'Nama adalah doa'. Bukan hanya di Indonesia saja loh, tapi hampir diseluruh wilayah timur. Para orang tua berusaha memberikan nama yang terbaik bagi anak-anaknya. Nama-nama yang diambil dari Al-Quraan, Al-kitab, ataupun nama yang memiliki makna yang baik. 

Lalu apa arti nama ku???
kedua orang tuaku menamaiku Resti Diana, secara sekilas rasanya tidak ada arti khusus dari nama ku itu. Menurut cerita yang aku dapat dari mama, nama Resti diambil dari nama seorang penyanyi jaman dahulu kala (yang aku sendiri gak tau) dan nama Diana itu diambil dari nama mendiang Lady Dy 'Diana Spencer' the Princess of Weles. Maklum saat aku di lahirkan sedang heboh-hebohnya peliputan kehidupan keluarga kerajaan, kalau tidak salah saat pangeran Henry dilahir kan deh ya.. Berarti pangeran yang katanya playboy itu seumuran sama aku..hehehe

 What a beautiful girl...
Cantik banget ya, anggun dan mempesona



Berhubung memang tidak ada arti yang harfiah bagi namaku ini, maka akupun mencari sendiri makna dibalik nama itu. Hehehe, Pertama dari nama RESTI, rest and tea...yang dalam bahasa Inggris berarti Istirahat dan Teh, maka nama itu aku simpulkan sebagai Istrahat sambil minum teh ala bangsawan, kenapa ala bangsawan?? Karena nama Diana yang merupakan nama dari seorang putri yang cantik jelita, kebanggaan warga Inggris. Hehehe..Maksa banget ya...

Yang jelas aku merasa bahwa orang tuaku mengharapkan aku bisa menjadi seperti kedua orang perempuan itu. Bukan berarti aku harus menjadi penyanyi atau dipinang seorang pangeran, tapi lebih kepada pribadi mereka yang berbakat, anggun, cantik dan layak dipandang dunia sebagai wanita yang megagumkan. Xixixiixiix....

So.. dengan bangga aku berkata Je M'appelle Resti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar