Sabtu, 02 September 2017

Cacar Air - Varicella - Cara Penyembuhan Cacar Air

Siapa yang pernah kena penyakit ini hayo cunggg??? Aku mau bahas sedikit tentang Cacar Air atau Varicella ini ya...

Kebetulan my little boy baru aja kena penyakit  durjana ini 😥 penyakit yang bikin si penderita nya jadi jelek banget 😥 maksudnya kulitnya jadi ampun deh...

Anak ku usia 3y (we called him Raja) kena cacar air beberapa minggu lalu,  gejala ya cuma panas biasa aja dalam semalam,  lalu besoknya muncul si bintik berair di pundak dan tangannya. Kita langsung konsultasi bisnis  WA sm dokter anak langganan Hehe,  dia sudah bonus dari awal Varicella.  Disuruh cek ke dokter sore itu juga,  cuma berhubung sore di wilayah cibubur macet banget,  si dokter nya kami juga gak praktek,  dan aku si Emak-emak rempong ini agak kurang sreg ke dokter lain akhirnya kita tunggu besoknya.

Catatan ya,  sebaiknya ke dokter dan minum anti virus maximal 72jam setelah bintik pertama timbul.  Kalau setelahnya itu gak akan berfungsi dengan maksimal.

Dari dokter di kasih anti virus,  lalu bedak salicyl,  salep Acyclovir 5%, Thempra  untuk penurun panas,  plus vitamin penambah ZINK rasa Apel yang enak banget 😁 ini untuk daya tahan tubuh.

Berhubung Raja ini susah sekali minum obat,  akhirnya si anti virus tidak Diminum. Keluarnya pun banyak banget. Kalau menurut dokter nya anak ku penyebab cacar air keluar banyak banget itu karena sistem imun tubuh yang lemah (kebetulan memang sedang Flu dan batuk  juga 😥)  jadilah keluar nya buanyakkkk banget terutama di punggungnya. Ini Seriously serem banget,  Sedih banget deh liatnya,  Raja sampe gak berani bercermin karena takut lihat dirinya sendiri 😭 emaknya sukses mewek seharian.

Sembuhnya diapain?  Gak di apa-apain sih,  karena cacar air ini penyakit yang datang tak diundang pulang tak diantar,  dia sembuh dengan sendirinya.

Sekitar satu minggu setelah Raja sembuh,  tiba-tiba aku demam tinggi selama 2 hari.  Pusing,  badan sakit semua,  meriang,  demam,  sama sakit di tenggorokan. Dipikir mau Flu,  ternyataaaaaa...  Oke deh,  aku sukses kena cacar air.   Ini pertama kali kena cacar air,  Iks.. Iks...  Udah jadi ibu ibu baru kena cacar,  dan can't you imagine cacar airnya Nemplok semua di muka 😭😭

Konsultasi dulu ke dokter nya anak2,  dia saranin ke dokter kulit,  karena kalau dewasa itu susah sembuh dan hilang bekasnya.  😭 habis ini mungkin aku harus oplas deh...

Akhirnya singkat cerita pergilah ke dokter umum dulu, iseng sih pengen tahu aja. Sm dokter umum cuma di kasih salep aja,  Seriously cuma salep! Gak peka ama penderitaan gue?!! Iks.. Iks...  Katanya kalau cacar gak bisa di obatin,  di kasih obat pun gak membantu apa-apa.

Setelah ke dokter umum,  lalu ke dokter kulit. Dikasih anti virus Acyclovir 400gr Diminum 2tablet 5x sehari, Medirat F untuk radang, lalu krim racikan. Hasilnya langsung kelihatan besok pagi nya, bentolnya agak kempes dan mulai berkurang lah. Kalau dibadan belum ada tanda-tanda kemunculannya 😭 cuma kepala,  mulut,  bibir,  dan muka paling parah.


Catatan penting nih ya buat yang kena cacar baik anak maupun sudah dewasa.

1. Semakin cacar nya keluar banyak semakin bagus,  biar gak kena lagi nantinya.  It's absolutely wrong,  Karena penyebab cacar keluar banyak itu adalah sistem imun badan yang lagi drop dan gak bisa menghandle si virus jahat ini. Kalau pun ada yang sudah terkena cacar,  lalu dia kena lagi biasanya itu bukan cacar air,  tapi cacar Api namanya,  ini lebih bahaya lebih  sakit lebih susah sembuh,  lebih semuanya deh. Makanya ada program vaksin Varicella, tapi kalau di vaksin bukan berarti gak kena ya tapi  itu untuk meringankan cacar air dan lebih penting lagi mencegah cacar api. Ini menurut dokter ya bukan menurut saya,  Hehe,  kebetulan lagi antri vaksin Varicella yang tak kunjung ada,  eh malah udah kena duluan.

2. Kalau ada yang bilang kena Cacar Air gak boleh mandi karena bakalan makin banyak, asli ini mitos banget.  Karena Cacar itu gatel banget coy... Kebayang kalau lo gak mandi,  keringanan,  trus badan penuh bentol dan luka yang gatel banget  tapi gak boleh di garuk? Mandi itu salah satu solusi ngilangin sedikit siksaan si rasa gatal, mandi air dingin aja biar seger.

3. Pakai masker Jagung.  Hm..  Actually I did it,  Tapi cuma sekali aja sebelum si dokter kulit berkata sebaiknya jangan,  karena takut infeksi di luka yang terbuka 😥  secara logika sih ya,  luka yang dikasih jagung dan belum tentu kita Bersihin nya benar2 bersih.  Jadi aku gak suggest  buat pakai masker ini,  nanti aja kalau sudah sembuh.

4.  Jangan kena Angin. Hadeh,  kena angin itu gak masalah guys,  ini asli gatel banget,  dan jangan biarkan diri lo keringetan karena akan semakin gatal.  Mungkin maksudnya jangan kena angin dalam konteks di luar rumah ya,  karena angin bisa ngebawa virus nya terbang dan hinggap di tubuh lain. Kasihan kan kalau sampai menulari.

5. Pakai bedak.  Sebenernya pakai bedak ini dilarang ya,  karena menutup pori-pori which is bikin tersumbat ya,  dan ini gak disarankan.  Tapi masih ada dokter yang kasih bedak sebagai solusi,  solusi untuk mengurangi rasa gatal.  Ini lumayan membantu kalau cacar nya penuh di badan dan kalau suka keringetan. Asli gatel banget loh..

6. Jangan makan Udang dan ikan pemicu gatal.  Hmm, yes Kalau kamu punya alergi terhadap makanan itu ya.  Tapi kalau gak ada alergi sih santap aja,  gak masalah kok.


Tips.

*Pakai baju tipis dan berbahan halus kayak kaos atau daster.

*Mandi dengan sabun antiseptic,  kau aku pakai detol,  kalau anak-anak bisa pakai detol yang warna Pink karena itu soft di kulit.

*Banyak makan, apapun selama gak ada alergi.  Banyakin makan buah yang mengandung vitamin C tinggi kayak strawberry,  jambu biji,  jeruk,  Nanas.  Vitamin C membantu sistem imun tubuh.

*Madu,  baik untuk membantu kita sehat. Aku minum sehari 3x











Tidak ada komentar:

Posting Komentar